Topdeh

Bisnis Dahsyat tanpa modal

EFI'S VIDEO

Loading...

Inilah Lokasi Penukaran Uang Receh

Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan penukaran uang kecil untuk menyambut Lebaran. Penukaran uang kecil ini merupakan bentuk kerja sama BI bersama bank lainnya.

"Kami memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya. Semakin lama kami harapkan pelayanan penyebaran uang kecil ini semakin bagus. Dengan bank-bank, kami minta mereka untuk membantu kami khusus Lebaran ini menyebarkan uang kecil," ucap Budi Rochadi, Deputi Gubernur BI, yang ditemui dalam peninjauan lokasi mobil enam kas keliling, Rabu (25/8/2010), di lapangan parkir IRTI, Monas.

Diungkapkannya, terdapat lima bank yang bekerja sama dengan BI untuk melakukan penukaran uang kecil tersebut, yaitu BNI (Bank Nasional Indonesia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BTN (Bank Tabungan Negara), Bank DKI, dan Bank Mandiri, yang dapat ditemui di Monas IRTI.

Untuk BI, peenukaran uang kecil dilakukan di beberapa tempat. Ada sembilan mobil yang disebar di seluruh DKI untuk melayani jasa penukaran uang kecil tersebut.

"Dana yang dikeluarkan oleh BI untuk penukaran ini sekitar Rp 5 triliun sampai lepas Lebaran dan saat ini sudah keluar hampir Rp 3 triliun untuk uang kecil," tuturnya.

Dijelaskan oleh Irwan, Asisten Manajer BI, kas keliling di Monas IRTI tersebut memang diadakan untuk membantu kebutuhan masyarakat yang meningkat dalam penukaran uang kecil menjelang Lebaran, yang diadakan sejak 18 Agustus lalu hingga 8 September nanti. Kas keliling adalah penukaran uang, dari uang besar menjadi uang kecil.

"Setiap hari ada tujuh mobil yang dikeluarkan untuk melayani penukaran uang kecil ini menjelang Lebaran. Kami juga bekerja sama dengan lima stasiun kereta api, ada Gambir, Tanah Abang, Kota, Senen, Jatinegara. Jadi, ada loket khusus penukaran uang kecil di sana," ujarnya.

Uang kecil yang paling banyak diburu oleh masyarakat, kata Irwan, adalah pecahan uang Rp 20.000 ke bawah.

Tidak ada komentar: